deni priyatna
''pantang pulang sebelum kenyang"
welcom to day
212
Selasa, 14 November 2017
Hamster
http://m.olx.co.id/iklan/leaflet/menjual-peralatan-perlengkapan-accessories-hamster-IDsj08s.html?utm_source=serviceletterManageAd&utm_medium=email&utm_campaign=leafletLink#xtor=EREC-55-[id1]-20171114-[leafletLink]-62096451@1-20171114164704
Kamis, 06 Juli 2017
Rabu, 01 Juni 2016
KERAJINAN DARI BOTOL BEKAS YANG SUDAH TIDAK TERPAKAI
Botol bekas merupakan barang yang saat ini menjadi masalah, karena memankan tempat yang banyak, dan sampahnya menumpuk serta susah terurai. Maka solusinya yaitu dengan mengumpulkan borol-botol bekas dan membuat inovasi yaitu dengan menciptakan kerajinan dengan botol bekas tersebut. Aneka botol yang dapat dibuat menjadi kerajinan diantaranya yaitu, botol aqua bekas, botol minuman ringan, botol obat-pbatan, botol perlengkapan dapur, tutup botol, dll. Nah mau tahu jenis kerajinan apa saja yang dapat dihasilkan dari botol bekas tersebut, tentunya dapat menjadi sesuatu yang mengagumkan, penjelasan aneka kerajinan tangan dari botol bekas akan dijelaskan dalam artikel ini.
1. Tempat perhiasan dari botol bekas
Botol yang dinakan adalah botol minuman
ringan yang berwarna bukan putih. Yang digunakan adalah ujung bawahnya
saja. Dan dirangkai secara susun, sehingga terlihat seperti tempat unruk
memamerkan perhiasan yang cantik.
2. Kebun vertikal dari botol bekas
Botol minuman bersoda yang digunakan
membuat kebun ini, botol yang ada diubah menjadi pot yang nantinya di
tempel di dinding tembok.
3. Lampu gantung dari botol plastik bekas
Lampu gantung yang indah ternyata bisa
kita buat sendiri dengan kekreativan kita menggunakan botol bekas
minuman, sehingga mengurangi sampah.
4. Sapu dari botol plastik bekas
Selain kerajinan yang indah ternyata
botol bekas juga bisa digunakan untuk membuat alat kebersihan, yaitu
sapu dari botol bekas minuman ringan.
5. Lukisan mozaik dari tutup botol plastik
Tutup botol yang memiliki berbagai bentuk
dan ukuran di tangan orang kretaif berhasil disulap menjadi suatu
mozaik yang keren dengan hanya memberi berbagai warna pada susuan tutup
botol, ternyata mampu menghasilkan mozaik yang keren.
6. Lampu hias dari botol plastik dan sendok plastik
Lampu hias dari botol plastik dan sendok
plastik ternyata juga memiliki nilai artistik tinggi jika dibuat secara
kretaif, bahan yang digunakan tidak terlalu sudah dicari, hanya perlu
kecermatan saja untuk membuatnya.
7. Lukisan bunga dari botol plastik bekas
Botol yang memiliki alas yang unik dapat digunakan untuk membuat lukisan yang sangat indah dan menawan.
8. Kanopi dari botol plastik
Botol plastik yang jumlahnya ratusan
dapat dibuat untuk membantu kamu dalam membuat kanopi rumah, maka bisa
memotong biaya pembuatan, dan tentunya memiliki manfaat lain yitu mampu
mengurangi sampah.
9. Pot bunga unik dari botol bekas
Pot bunga yang unik juga dapat dibuat
dari botol bekas, bisa pula sesuai dengan keinginan pribadi, dapat
dipotong dengan bentuk ynag beraneka ragam.
10. Vas bunga dari botol plastik bekas
Vas bunga biasanya dari keramik, dan
harganya mahal. Nah jika ingin memiliki vas canti tetapi harganya murah,
hanya modal kreatif saja, kamu dapat mengubah botol menjadi vas bunga
yag cantik.
11. Dompet dari botol plastik
Memodifikasi bagian bawa botol menjadi
dompet sangat mudah, hanya perlu bahan tambahan berupa resleting, tentu
sudah dapat dibuat tempat koin atau dompet.
12. Mainan roket dari botol bekas
Roket dari botol dapat dibuat untuk
mainan anak-anak anda, selain memanfaatkan bahan bekas, tentu tidak
perlu membeli mainan dengan harg yang mahal.
Pernah baca tulisan Rumah Botol Karya Arsitek Indonesia “Ridwan Kamil”?
Seorang warga bandung bernama Ridwan Kamil (38) memiliki sebuah ide gagasan yang sangat brilian, Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF), memanfaatkan botol-botol bekas untuk membangun rumah sebagai huniannya, rumah yang ramah lingkungan ini tentunya sangat nyentrik sehingga banyak orang penasaran ingin melihatnya. Rumah ini kemudian terkenal dengan nama “Rumah Botol”.
Rumah hasil karya Ridwan Kamil ini tidak cukup mendapat acungan jempol saja, rumah uniknya mendapat gelar juara dalam Green Design Award 2009, yang diselenggarakan oleh BCI Asia (Building Construction Information Asia). Rumah tinggalnya yang memanfaatkan botol bekas minuman berenergi itu ternyata berhasil menyisihkan karya delapan puluh peserta lain dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Hongkong, dan Cina. Sungguh benar-benar prestasi anak bangsa yang sangat membanggakan.
BEBERAPA KERAJINAN DARI BOTOL BEKAS YG SUDAH TIDAK TERPAKAI
1. Tempat perhiasan dari botol bekas
Botol yang dinakan adalah botol minuman
ringan yang berwarna bukan putih. Yang digunakan adalah ujung bawahnya
saja. Dan dirangkai secara susun, sehingga terlihat seperti tempat unruk
memamerkan perhiasan yang cantik.
2. Kebun vertikal dari botol bekas
Botol minuman bersoda yang digunakan
membuat kebun ini, botol yang ada diubah menjadi pot yang nantinya di
tempel di dinding tembok.
3. Lampu gantung dari botol plastik bekas
Lampu gantung yang indah ternyata bisa
kita buat sendiri dengan kekreativan kita menggunakan botol bekas
minuman, sehingga mengurangi sampah.
4. Sapu dari botol plastik bekas
Selain kerajinan yang indah ternyata
botol bekas juga bisa digunakan untuk membuat alat kebersihan, yaitu
sapu dari botol bekas minuman ringan.
5. Lukisan mozaik dari tutup botol plastik
Tutup botol yang memiliki berbagai bentuk
dan ukuran di tangan orang kretaif berhasil disulap menjadi suatu
mozaik yang keren dengan hanya memberi berbagai warna pada susuan tutup
botol, ternyata mampu menghasilkan mozaik yang keren.
6. Lampu hias dari botol plastik dan sendok plastik
Lampu hias dari botol plastik dan sendok
plastik ternyata juga memiliki nilai artistik tinggi jika dibuat secara
kretaif, bahan yang digunakan tidak terlalu sudah dicari, hanya perlu
kecermatan saja untuk membuatnya.
7. Lukisan bunga dari botol plastik bekas
Botol yang memiliki alas yang unik dapat digunakan untuk membuat lukisan yang sangat indah dan menawan.
8. Kanopi dari botol plastik
Botol plastik yang jumlahnya ratusan
dapat dibuat untuk membantu kamu dalam membuat kanopi rumah, maka bisa
memotong biaya pembuatan, dan tentunya memiliki manfaat lain yitu mampu
mengurangi sampah.
9. Pot bunga unik dari botol bekas
Pot bunga yang unik juga dapat dibuat
dari botol bekas, bisa pula sesuai dengan keinginan pribadi, dapat
dipotong dengan bentuk ynag beraneka ragam.
10. Vas bunga dari botol plastik bekas
Vas bunga biasanya dari keramik, dan
harganya mahal. Nah jika ingin memiliki vas canti tetapi harganya murah,
hanya modal kreatif saja, kamu dapat mengubah botol menjadi vas bunga
yag cantik.
11. Dompet dari botol plastik
Memodifikasi bagian bawa botol menjadi
dompet sangat mudah, hanya perlu bahan tambahan berupa resleting, tentu
sudah dapat dibuat tempat koin atau dompet.
12. Mainan roket dari botol bekas
Roket dari botol dapat dibuat untuk
mainan anak-anak anda, selain memanfaatkan bahan bekas, tentu tidak
perlu membeli mainan dengan harg yang mahal.
Pernah baca tulisan Rumah Botol Karya Arsitek Indonesia “Ridwan Kamil”?
Seorang warga bandung bernama Ridwan Kamil (38) memiliki sebuah ide gagasan yang sangat brilian, Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF), memanfaatkan botol-botol bekas untuk membangun rumah sebagai huniannya, rumah yang ramah lingkungan ini tentunya sangat nyentrik sehingga banyak orang penasaran ingin melihatnya. Rumah ini kemudian terkenal dengan nama “Rumah Botol”.
Rumah hasil karya Ridwan Kamil ini tidak cukup mendapat acungan jempol saja, rumah uniknya mendapat gelar juara dalam Green Design Award 2009, yang diselenggarakan oleh BCI Asia (Building Construction Information Asia). Rumah tinggalnya yang memanfaatkan botol bekas minuman berenergi itu ternyata berhasil menyisihkan karya delapan puluh peserta lain dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Hongkong, dan Cina. Sungguh benar-benar prestasi anak bangsa yang sangat membanggakan.
Selasa, 24 Mei 2016
Panduan Pengoptimalan Mesin Telusur
Panduan Memulai
Pengoptimalan Mesin Telusur
, yang terpenting, dan diakhiri dengan
, yang
paling tidak penting (1).
Karena tag heading biasanya membuat teks yang terdapat di
dalamnya menjadi lebih besar daripada teks normal pada laman, ini
merupakan isyarat visual bagi pengguna bahwa teks ini penting
dan dapat membantu mereka memahami sesuatu tentang jenis
konten di bawah teks judul. Beberapa ukuran heading digunakan
secara berurutan untuk menciptakan struktur hierarkis bagi konten
Anda, membuat pengguna jadi lebih mudah menavigasi melalui
dokumen Anda.
Gunakan tag heading untuk menekankan
teks yang penting
Uang Kuno Tino
Berita - Uang Kuno Zaman Belanda Ditemukan di Gubuk Reyot
Sungguh beruntung nasib mahasiswa yang sedang melakukan kuliah kerja nyata di sebuah desa di Tangerang ... Ia menemukan puluhan lembar uang kuno Zaman Belanda di gubuk reyot ... Segepok uang kuno ini tersimpan rapi dalam kotak antik yang konon merupakan pemberian seorang ... Belanda kepada tuan tanah setempat.(1) Pada laman yang berisi berita, nama situs kita dapat diletakkan di tag
dan
topik dari berita di tag
.
Praktik Terbaik
Gunakan heading seperlunya di seluruh laman
Gunakan tag heading di tempat yang masuk akal. Terlalu banyak tag heading pada sebuah laman
dapat membuat pengguna kesulitan untuk memindai konten dan menentukan akhir dari satu topik dan
awal dari topik lainnya.
menggunakan tag heading secara berlebihan di sepanjang laman
memasukkan seluruh teks laman ke tag heading
menggunakan tag heading hanya untuk gaya dan tidak mewakili struktur
Hindari:
Bayangkan Anda sedang menulis ikhtisar
menempatkan teks pada tag heading yang tidak akan berguna dalam menentukan struktur laman
menggunakan tag heading padahal tag lain seperti dan mungkin lebih tepat
berganti-ganti ukuran tag heading secara tidak beraturan
Hindari:
Seperti menulis ikhtisar untuk makalah besar, masukkan beberapa ide ke dalam poin-poin utamanya
dan sub-poin konten di laman yang akan menjadi tempatnya, lalu tentukan di mana harus
menggunakan tag heading dengan semestinya.
Tag heading merupakan
komponen situs web yang
penting untuk menarik minat
pengguna, jadi berhati-hatilah
dalam menggunakannya!
Bagian kepala HTTP
Dalam HTTP (HyperText Transfer Protocol), jenis data berbeda yang dikirim sebelum
data yang sebenarnya.
Tag HTML yang menyatakan penekanan. Berdasarkan standar, tag ini akan
menyatakan penekanan melalui penggunaan huruf miring.
Tag HTML yang menyatakan penekanan yang kuat. Berdasarkan standar, tag ini akan
menyatakan penekanan melalui penggunaan huruf cetak tebal.
Karakter pengganti
Karakter (*) yang mengambil tempat karakter lain atau rangkaian karakter.
.htaccess
File akses hypertext, sebuah file yang memungkinkan Anda mengelola konfigurasi
server web.
Log perujuk
Informasi perujuk yang dituliskan ke dalam log akses. Ketika log ini dilacak, seseorang
dapat mengetahui dari situs mana pengunjung datang.
Glosarium
20
Dasar-dasar SEO Meningkatkan Struktur Situs Mengoptimalkan Konten Menangani Perayap SEO untuk Telepon Seluler Promosi dan Analisis
Menggunakan robots.txt dengan efektif
Menangani Perayap
File "robots.txt" memberi tahu mesin telusur apakah dapat
mengakses kemudian merayapi bagian situs Anda (1). File ini,
yang harus dinamai "robots.txt", ditempatkan di direktori akar situs
Anda (2).
Anda mungkin tidak ingin laman tertentu dari situs Anda dirayapi
karena laman tersebut mungkin tidak berguna bagi pengguna jika
ditemukan sebagai bagian dari hasil mesin telusur. Jika Anda ingin
mencegah mesin telusur merayapi laman Anda, Alat Webmaster
Google memiliki pembuat robots.txt untuk membantu Anda membuat
file ini. Perhatikan bahwa jika situs Anda menggunakan subdomain
dan Anda ingin laman tertentu tidak dirayapi pada subdomain
tertentu, Anda harus membuat file robots.txt terpisah untuk
subdomain tersebut. Untuk informasi selengkapnya tentang robots.
txt, sebaiknya Anda membaca panduan Pusat Bantuan Webmaster
tentang menggunakan file robots.txt ini.
Terdapat beberapa cara lain untuk mencegah konten muncul di hasil
penelusuran, seperti menambah "NONINDEX" ke tag meta robots
Anda, menggunakan .htaccess pada direktori yang dilindungi kata
sandi, dan menggunakan Alat Webmaster Google untuk menghapus
konten yang telah dirayapi. Insinyur Google Matt Cutts menjelaskan
satu per satu hal-hal yang perlu diperhatikan pada setiap metode
pemblokiran URL dalam sebuah video yang membantu.
Batasi perayapan jika tidak diperlukan
dengan robots.txt
User-agent: *
Disallow: /gambar/
Disallow: /cari
Gunakan metode yang lebih aman untuk konten
yang sensitif
Jangan merasa aman begitu saja saat menggunakan robots.txt untuk mencekal materi yang sensitif
atau rahasia. Salah satu alasan adalah mesin pencari masih dapat memberi referensi URL yang Anda
blokir (hanya menunjukkan URL, tidak ada judul atau snippet) jika ternyata ada tautan ke URL itu di
Internet (seperti catatan perujuk). Tidak hanya itu, mesin telusur yang tidak patuh atau sembarangan
yang tidak mengakui Robots Exclusion Standard dapat mengabaikan instruksi dari robots.txt Anda.
Terakhir, pengguna yang ingin tahu dapat memeriksa direktori atau subdirektori pada robots.txt Anda
dan menebak URL dari konten yang Anda tidak ingin perlihatkan. Mengenksipsi konten atau
melindunginya dengan kata sandi dengan .htaccess merupakan alternatif yang lebih aman.
Praktik Terbaik
Selalu berhati-hatilah saat
mengelola informasi mana yang
benar-benar ingin dirayapi dan
mana yang tidak ingin dirayapi!
(1) Semua bot mesin telusur yang patuh (ditandai dengan simbol pengganti *)
seharusnya tidak mengakses dan merayapi konten dengan /images/ atau URL apa
pun yang jalurnya dimulai dengan /search.
(2) Alamat file robots.txt kita.
memungkinkan laman mirip hasil penelusuran untuk dirayapi
- pengguna tidak suka meninggalkan satu laman hasil penelusuran dan membuka laman hasil
penelusuran lain yang tidak menambahkan nilai yang signifikan bagi mereka
membiarkan terbentuknya URL sebagai hasil dari layanan proxy untuk dirayapi
Hindari:
Tautan
generator robots.txt
http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/03/speaking-language-ofrobots.
html
Menggunakan file robots.txt
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=156449
Peringatan dari tiap metode pencekalan URL
http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/01/remove-your-contentfrom-
google.html
Standar Pengecualian Robot (Robots Exclusion Standard)
Sebuah konvensi untuk mencegah perayap/spider web yang bekerja sama, misalnya
Googlebot, mengakses semua atau sebagian situs web yang dapat dilihat oleh publik.
Layanan proxy
Sebuah komputer yang mengganti sambungan jika ada jaringan internal dan jaringan
eksternal yang tersambung, atau perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk tujuan
ini.
21
Menyetel nilai atribut "rel" dari tautan menjadi "nofollow" akan
memberi tahu Google bahwa tautan tertentu pada situs Anda
sebaiknya tidak diikuti atau membagikan reputasi laman Anda
ke laman yang ditautkan. Menjadikan tautan nofollow adalah
menambahkan rel="nofollow" di dalam tag jangkar tautan (1).
Kapan hal ini berguna? Jika situs Anda memiliki blog dengan akses
komentar publik aktif, tautan pada komentar itu dapat membagi
reputasi Anda kepada laman yang mungkin tidak akan nyaman bagi
Anda untuk memberi jaminan. Area komentar blog pada laman sangat
mudah terkena spam komentar (2). Menjadikan tautan nofollow yang
ditambahkan pengguna memastikan Anda tidak memberikan reputasi
laman yang didapat dengan susah payah kepada situs spam.
Banyak paket perangkat lunak blog secara otomatis menandai
nofollow pada komentar pengguna, tapi bagi yang tidak, masih dapat
melakukan edit manual untuk nofollow. Saran ini juga berlaku untuk
area lain pada situs Anda yang mungkin melibatkan konten yang
dihasilkan pengguna, seperti buku tamu, forum, papan-komentar,
daftar perujuk, dll. Jika Anda bersedia menjamin untuk tautan yang
ditambahkan oleh pihak ketiga (misal: jika pemberi komentar
dipercaya di situs Anda), maka tidak perlu menggunakan nofollow
pada tautan, namun, menautkan pada situs yang dianggap
Google sebagai spam dapat memengaruhi reputasi situs Anda
sendiri. Pusat Bantuan Webmaster memiliki lebih banyak kiat tentang
menghindari spam komentar, seperti menggunakan CAPTCHA dan
mengaktifkan moderasi komentar (3).
Lawan spam komentar dengan "nofollow"
Menambahkan "nofollow" secara otomatis
ke kolom komentar dan papan pesan
(2) Pelaku spam komentar meninggalkan sebuah pesan pada salah satu pos blog
kita, berharap mendapatkan beberapa reputasi situs kita.
Hati-hati saat mengunakan tautan
rel="nofollow"
Menangani Perayap
Pengeposan spam komentar
Merujuk pada pos sembarangan, pada kolom komentar blog atau papan pesan,
tentang iklan, dsb. yang tidak memiliki keterkaitan dengan konten laman yang
dimaksud.
CAPTCHA
Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart (Uji
Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia).
Glosarium
Pelaku spam komentar
(1) Jika Anda dan pengguna situs Anda menautkan ke situs yang tidak Anda
percaya dan/atau tidak ingin membagi reputasi situs, gunakan nofollow.
(3) Sebuah contoh CAPTCHA yang digunakan di layanan blog Google, Blogger.
Tidak mudah untuk memastikan apakah komentar yang diberikan betul-betul
dibuat oleh manusia.
22
Dasar-dasar SEO
Meningkatkan Struktur Situs
Mengoptimalkan Konten
SEO untuk Telepon Seluler
Promosi dan Analisis
Menangani Perayap
Tautan Menghindari spam komentar
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=81749
Menggunakan meta tag robot
http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2007/03/using-robots-meta-tag.html
Kegunaan lain dari nofollow adalah saat Anda menulis konten dan ingin mereferensikan situs web, tapi tidak ingin memberikan reputasi kepadanya. Sebagai contoh, bayangkan Anda tengah menulis blog dengan topik spam komentar dan Anda ingin menyebutkan sebuah situs yang baru-baru ini memberi spam komentar di blog Anda. Anda ingin memperingatkan yang lain tentang situs itu, jadi Anda menambah tautan situs itu pada konten; namun, Anda tidak ingin membagi reputasi dari tautan itu kepada situs. Ini merupakan saat yang tepat untuk menggunakan nofollow.
Terakhir, jika Anda tertarik untuk mengaktifkan nofollow pada seluruh tautan pada sebuah laman, Anda dapat gunakan "nofollow" pada meta tag robot, yang diletakkan di dalam tag dari HTML laman itu (4). Webmaster Central Blog menyediakan pos yang bermanfaat mengenai penggunaan meta tag robot. Metode ini ditulis sebagai
Tentang menggunakan "nofollow" untuk setiap konten, keseluruhan laman, dsb.
Uang Kuno Tino - Jual Beli, Harga, dan Informasi Uang Kuno Indonesia
(4) Hal ini akan mengaktifkan nofollow seluruh tautan pada laman.
Pastikan Anda memiliki pengaman kuat yang siap menghadapi spam komentar!
23
Tampaknya seluler semakin mendunia, dengan begitu banyak orang
menggunakan telepon seluler setiap hari, dan basis pengguna yang
besar menelusuri di laman penelusuran seluler Google. Akan tetapi,
sebagai webmaster, menjalankan situs seluler dan menarik pemirsa
penelusuran seluler tidaklah mudah. Situs seluler tidak hanya
menggunakan format yang berbeda dari situs desktop normal,
namun metode pengelolaan dan keahlian yang diperlukan juga
berbeda. Akibatnya, muncul beragam tantangan baru. Meskipun
banyak situs seluler dirancang dengan perhatian pada penayangan
seluler, situs tersebut tidak dirancang untuk ramah penelusuran.
Berikut kiat pemecahan masalah untuk membantu memastikan
bahwa situs Anda dirayapi dan diindeks dengan semestinya:
Jika situs web Anda tidak muncul dalam hasil penelusuran seluler
Google meskipun menggunakan site: operator, mungkin situs Anda
mengalami salah satu atau kedua masalah berikut:
1. Googlebot mungkin tidak dapat menemukan situs Anda
Googlebot harus merayapi situs Anda sebelum situs dapat
dicantumkan dalam indeks penelusuran kami. Jika situs baru saja
Anda buat, kami mungkin belum mengetahuinya. Jika itu
masalahnya, buat Petasitus Seluler dan kirimkan ke Google untuk
memberi tahu tentang keberadaan situs kepada kami. Petasitus
Seluler dapat dikirimkan menggunakan Alat Webmaster Google,
sama seperti Petasitus standar.
Beri tahu Google tentang situs seluler
SEO untuk Telepon Seluler
Konfigurasikan situs seluler agar dapat
terindeks dengan tepat
Verifikasikan bahwa situs seluler Anda
terindeks oleh Google
Petasitus Seluler
Petasitus XML yang berisi URL laman web yang dirancang untuk telepon seluler.
Mengirimkan URL konten web telepon seluler ke Google akan memberi tahu kami
tentang keberadaan laman tersebut dan memungkinkan kami merayapinya.
User-agent
Perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan pengguna saat pengguna
tersebut mengakses situs web.
XHTML Mobile
XHTML, sebuah bahasa markup yang dibuat ulang melalui adaptasi HTML ke XML, lalu
diperluas untuk digunakan dengan telepon seluler.
Compact HTML
Bahasa markup yang menyerupai HTML; ini digunakan saat membuat laman web yang
dapat ditampilkan di telepon seluler serta menggunakan PHS dan PDA.
Glosarium
(1) Contoh penelusuran untuk [uang kuno] di
penelusuran desktop Google (di atas) dan penelusuran
seluler (kiri). Hasil penelusuran seluler dibuat untuk
perangkat seluler dan berbeda dari hasil desktop
"standar".
Pastikan situs seluler Anda
dikenali dengan semestinya
oleh Google sehingga orang
dapat menemukannya.
24
Meningkatkan Struktur Sit Dasar-dasar SEO us Mengoptimalkan Konten Menangani Perayap SEO untuk Telepon Seluler Promosi dan Analisis
Laman penelusuran seluler Google
http://www.google.com/m/
site: operator
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=35256
Petasitus Seluler
http://www.google.com/support/webmasters/bin/topik.py?topic=8493
Dikirimkan menggunakan Alat Webmaster Google
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=156184
Gunakan Pencarian DNS untuk memverifikasi Googlebot
http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2006/09/how-to-verify-googlebot.html
Pedoman Webmaster Seluler
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=72462
Tautan
2. Googlebot mungkin tidak dapat mengakses situs Anda
Beberapa situs seluler menolak akses dari apa pun kecuali telepon
seluler, yang membuat Googlebot tidak mungkin mengakses situs
tersebut, dan karenanya, membuat situs tidak dapat ditelusuri.
Perayap kami untuk situs seluler adalah "Googlebot-Mobile".
Jika Anda ingin situs Anda dirayapi, izinkan User-agent apa pun,
termasuk "Googlebot-Mobile", mengakses situs Anda (2). Anda
seharusnya juga menyadari bahwa Google dapat mengubah informasi
User-agent miliknya kapan pun tanpa pemberitahuan, sehingga Anda
sebaiknya tidak memeriksa apakah User-agent benar-benar cocok
dengan "Googlebot-Mobile" (User-agent yang sekarang). Alih-alih,
periksa apakah bagian kepala User-agent berisi string "Googlebot-
Mobile". Anda juga dapat menggunakan Pencarian DNS untuk
memverifikasi Googlebot.
Setelah Googlebot-Mobile merayapi URL Anda, kami kemudian akan
memeriksa apakah tiap URL dapat dilihat di perangkat seluler. Laman
yang kami putuskan sebagai tidak dapat dilihat di telepon
seluler tidak akan dimasukkan dalam indeks situs seluler kami
(meskipun laman tersebut mungkin dimasukkan dalam indeks web
reguler). Penentuan ini didasarkan pada beragam faktor, salah
satunya adalah deklarasi "DTD (Definisi Tipe Dokumen)". Periksa
apakah deklarasi DTD URL ramah seluler Anda adalah format seluler
yang sesuai, misalnya XHTML Mobile atau Compact HTML (3). Jika
formatnya kompatibel, laman tersebut memenuhi syarat untuk indeks
penelusuran seluler. Untuk informasi selengkapnya, lihat Pedoman
Webmaster Seluler.
Verifikasi bahwa Google dapat mengenali
URL seluler Anda
SetEnvIf User-Agent "Googlebot-Mobile" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "Android" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "BlackBerry" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "iPhone" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "NetFront" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "Symbian OS" allow_ua
SetEnvIf User-Agent "Windows Phone" allow_ua
Order deny,allow
deny from all
allow from env=allow_ua
(2) Sebuah contoh situs seluler yang membatasi akses apa pun dari perangkat
non-seluler. Ingatlah untuk mengizinkan akses dari agen pengguna termasuk
“Googlebot-Mobile”.
(3) Sebuah contoh DTD untuk perangkat seluler.
25
Salah satu masalah paling umum bagi webmaster yang
menjalankan versi seluler maupun desktop dari suatu situs
adalah bahwa versi seluler situs tersebut muncul untuk
pengguna di komputer desktop, atau versi desktop situs
tersebut muncul saat seseorang mengaksesnya dari perangkat
seluler. Dalam menangani skenario ini, berikut dua opsi yang
memungkinkan:
Saat pengguna seluler atau perayap (misalnya Googlebot-Mobile)
mengakses versi desktop dari suatu URL, Anda dapat
mengalihkannya ke versi seluler dari laman yang sama. Google
memperhatikan hubungan antara kedua versi URL dan
menampilkan versi standar untuk penelusuran dari desktop dan
versi seluler untuk penelusuran seluler.
Jika Anda mengalihkan pengguna, pastikan bahwa konten di URL
seluler/desktop yang sesuai sudah sama (1). Misalnya, jika Anda
menjalankan situs berbelanja dan ada akses dari telepon seluler ke
URL versi desktop, pastikan bahwa pengguna dialihkan ke versi
seluler dari laman untuk produk yang sama, dan tidak ke
beranda situs versi seluler. Kami sering menemukan situs yang
menggunakan jenis pengalihan ini dalam upaya untuk meningkatkan
peringkat penelusuran mereka, namun praktik ini hanya berakibat
pada pengalaman negatif pengguna, sehingga harus benar-benar
dihindari.
Akan tetapi, jika ada akses ke URL versi seluler dari browser desktop
atau oleh perayap web kami, Googlebot, mengalihkannya ke versi
desktop tidaklah diperlukan. Misalnya, Google tidak mengalihkan
pengguna desktop secara otomatis dari situs seluler ke situs
desktopnya; melainkan menyertakan tautan di laman versi seluler ke
versi desktop. Tautan ini akan berguna terutama saat situs seluler
tidak memberikan fungsi versi desktop secara lengkap—pengguna
dapat bernavigasi ke versi desktop dengan mudah jika mereka mau.
Pandu pengguna seluler dengan akurat
SEO untuk Telepon Seluler
Menjalankan versi desktop dan seluler
situs Anda
Alihkan pengguna seluler ke versi yang
benar
Beranda
Laman produk
Versi seluler
Beranda
dialihkan
dialihkan
Pengguna seluler
(1) Sebuah contoh pengalihan pengguna ke
URL versi seluler saat diakses dari perangkat
seluler. Dalam kasus ini, konten di kedua URL
haruslah sama.
Versi desktop
Laman produk
Pengalihan
Dibawa secara otomatis dari satu laman web tertentu ke laman web tertentu lainnya
saat menjelajahi situs web.
Glosarium
26
Dasar-dasar SEO
Meningkatkan Struktur Situs
Mengoptimalkan Konten
Menangani Perayap
SEO untuk Telepon Seluler
Promosi dan Analisis
Pastikan untuk memandu pengguna ke situs yang benar untuk perangkat mereka!
(2) Contoh pengubahan format laman yang didasarkan pada User-agent. Dalam kasus ini, pengguna desktop seharusnya melihat apa yang Googlebot lihat dan pengguna seluler seharusnya melihat apa yang Googlebot-mobile lihat.
Situs Web
Pengguna desktop
Googlebot
Googlebot-Seluler
Pengguna seluler
Harus sama
Harus sama
Konten desktop
Konten seluler
Bisa
berbeda
Beberapa situs memiliki URL yang sama untuk desktop dan konten seluler, namun mengubah formatnya menurut User-agent. Dengan kata lain, baik pengguna seluler maupun pengguna desktop mengakses URL yang sama (misal: tanpa pengalihan), namun konten/format sedikit berubah berdasarkan User-agent. Dalam kasus ini, URL yang sama akan muncul untuk penelusuran seluler maupun penelusuran desktop, dan pengguna desktop dapat melihat versi desktop dari konten, sementara pengguna seluler dapat melihat versi seluler dari konten (2).
Akan tetapi, perhatikan bahwa jika Anda gagal mengonfigurasi situs dengan benar, situs Anda dapat dianggap sebagai penyelubungan, yang dapat berakibat pada hilangnya situs Anda dari hasil penelusuran. Penyelubungan merujuk pada upaya untuk meningkatkan peringkat hasil penelusuran dengan menyediakan konten berbeda ke Googlebot dibandingkan dengan ke pengguna biasa. Hal ini menyebabkan masalah, misalnya hasil yang kurang relevan (laman muncul di hasil penelusuran meskipun kontennya sebenarnya tidak terkait dengan apa yang dilihat/diinginkan pengguna), jadi kami menangani penyelubungan dengan sangat serius.
Jadi apa artinya "laman yang dilihat pengguna" jika Anda memberikan kedua versi dengan URL? Seperti disebutkan dalam pos sebelumnya, Google menggunakan "Googlebot" untuk penelusuran web dan "Googlebot-Mobile" untuk penelusuran seluler. Agar tetap mengikuti pedoman kami, seharusnya Anda memberikan konten yang sama untuk Googlebot seperti yang akan dilihat pengguna desktop biasa, dan konten yang sama untuk Googlebot-Mobile seperti yang akan dilihat di browser pada perangkat seluler biasa. Tidak masalah jika konten untuk Googlebot berbeda dari konten untuk Googlebot-Mobile.
Satu contoh tentang bagaimana Anda dapat terdeteksi sebagai penyelubungan secara tidak sengaja jika situs Anda memunculkan pesan seperti "Harap akses dari telepon seluler" ke browser desktop, namun kemudian memunculkan versi seluler penuh ke kedua perayap (sehingga Googlebot menerima versi seluler). Dalam kasus ini, laman yang dilihat pengguna penelusuran web (misal: "Harap akses dari telepon seluler") berbeda dari laman yang dirayapi Googlebot (misal: "Selamat datang di situs saya"). Sekali lagi, kami mendeteksi penyelubungan karena kami ingin memberikan konten relevan yang sama yang dirayapi Googlebot atau Googlebot-Mobile kepada pengguna.
Beralih konten berdasarkan User-agent Google seluler
http://www.google.com/m/ Penyelubungan
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=66355
Tautan
Bisa
berbeda
27
Promosikan situs web Anda dengan cara
yang benar
Promosi dan Analisis
Sementara kebanyakan tautan ke situs Anda akan didapat secara
perlahan, saat orang menemukan konten Anda melalui penelusuran
atau cara lain lalu menaut ke konten tersebut, Google memahami
bahwa Anda ingin orang lain mengetahui tentang kerja keras yang
telah Anda lakukan untuk konten ini. Mempromosikan konten baru
Anda secara efektif akan memicu penemuan yang lebih cepat
bagi mereka yang berminat pada subjek yang sama (1). Seperti
juga kebanyakan poin yang tercakup dalam dokumen ini, menerapkan
saran ini secara berlebihan malah akan membahayakan reputasi situs
Anda.
Cara yang sangat baik untuk mengumumkan tentang konten atau
layanan baru adalah melalui pos blog di situs, agar basis pengunjung
Anda tahu bahwa Anda telah menambahkan sesuatu yang baru.
Webmaster lain yang mengikuti situs atau umpan RSS Anda
juga dapat mempelajarinya.
Berusaha mempromosikan perusahaan atau situs Anda secara offline
juga menjanjikan. Misalnya, jika memiliki situs bisnis, pastikan URL
tercantum dalam kartu nama, kop surat, poster, dll. Anda juga dapat
mengirimkan laporan berkala kepada para klien melalui surat agar
mereka mengetahui konten pada situs web perusahaan.
Jika Anda menjalankan bisnis lokal, menambahkan informasinya ke
Google Places akan membantu Anda menjangkau pelanggan di
Google Maps dan penelusuran web. Pusat Bantuan Webmaster
memiliki kiat lainnya tentang mempromosikan bisnis lokal Anda.
Tentang meningkatkan tautan balik
dengan tujuan untuk meningkatkan nilai
situs
Kuasai pembuatan pengumuman lewat
blog dan menjadi terkenal secara online
Umpan RSS
Data yang mencakup teks ringkasan atau lengkap yang mendeskripsikan pembaruan
situs/blog. RSS adalah singkatan dari RDF Site Summary; sebuah layanan yang
menggunakan format data yang serupa, yaitu Atom.
Blog saya
Situs Web
Laman produk
Glosarium
(2) Dengan mendaftarkan bisnis Anda ke Google Places, Anda dapat
mempromosikan situs melalui Google Maps dan penelusuran web.
Berita: “Paket uang kuno
spesial minggu ini”
Blog pengguna Layanan media sosial Buletin, Poster, dsb
Online Offline
(1) Dengan mempromosikan situs Anda dan memiliki tautan berkualitas, reputasi
situs Anda dapat meningkat.
28
Meningkatkan Struktur Situs
Mengoptimalkan Konten
Menangani Perayap
Promosi dan Analisis
SEO untuk Telepon Seluler
Dasar-dasar SEO Google Places
http://www.google.com/local/add/
Mempromosikan bisnis lokal Anda
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=92319
Tautan
Praktik Terbaik
Mengenal situs media sosial
Situs yang dibuat dengan memperhatikan tentang berbagi dan interaksi pengguna mempermudah untuk mencocokkan grup orang yang berminat dengan konten yang relevan.
Dapatkan topik tersebut di komunitas yang terkait dengan situs Anda
Kemungkinannya ada sejumlah situs yang mencakup area topik yang serupa dengan situs Anda. Memulai komunikasi dengan situs-situs ini biasanya bermanfaat. Topik hangat di tempat khusus atau komunitas Anda bisa memunculkan ide tambahan untuk konten atau membangun sumber daya komunitas yang baik.
melakukan spamming permintaan tautan ke semua situs terkait area topik Anda
membeli tautan dari situs lain dengan tujuan lebih mendapatkan PageRank daripada lalu lintas
Hindari:
berusaha mempromosikan setiap konten baru dan bagian kecil konten yang Anda buat; coba buat item yang besar dan menarik
melibatkan situs Anda dalam skema yang mempromosikan konten Anda secara palsu ke puncak layanan tersebut
Hindari:
Apakah kinerja situs Anda baik-baik saja?
29
Manfaatkan alat webmaster gratis
Promosi dan Analisis
Mesin telusur besar, termasuk Google, menyediakan alat gratis untuk webmaster. Alat Webmaster Google membantu webmaster mengontrol dengan lebih baik bagaimana Google berinteraksi dengan situs web mereka dan mendapatkan informasi bermanfaat dari Google mengenai situs mereka. Penggunaan Alat Webmaster tidak akan membantu situs mendapatkan perlakuan istimewa; tapi, bisa membantu mengenali masalah yang, jika diatasi, bisa membantu situs berkinerja lebih baik dalam hasil penelusuran. Dengan layanan tersebut, webmaster bisa:
Jadikan perayapan Googlebot lebih mulus menggunakan Alat Webmaster
melihat bagian mana dari situs yang menyebabkan Googlebot kesulitan merayapi
memberitahukan kami tentang file Petasitus XML
menganalisis dan menghasilkan file robots.txt
menghapus URL yang sudah dirayapi Googlebot
menentukan domain pilihan Anda
mengenali masalah dengan meta tag judul dan deskripsi
memahami penelusuran teratas yang digunakan untuk menjangkau situs
melihat sekilas bagaimana Googlebot melihat laman
menghapus tautan situs yang tidak diinginkan yang mungkin digunakan Google sebagai hasil
menerima pemberitahuan pelanggaran pedoman kualitas dan meminta pertimbangan ulang situs
Jika sudah meningkatkan perayapan dan pengindeksan situs dengan Alat Webmaster Google atau layanan lain, mungkin Anda ingin mengetahui lalu lintas yang datang ke situs. Program analisis web seperti Google Analytics merupakan sumber wawasan yang bernilai untuk ini. Anda juga dapat menggunakan program ini untuk:
Analisis tingkat tinggi mungkin dilakukan melalui Google Analytics dan Pengoptimal Situs Web
mengamati bagaimana para pengguna menjangkau dan bertindak di situs
menemukan konten paling dikenal di situs
mengukur pengaruh pengoptimalan yang Anda buat ke situs Anda
- misal: apakah mengubah judul dan meta tag deskripsi meningkatkan lalu lintas dari mesin telusur?
Yahoo! (Yahoo! Site Explorer) dan Microsoft (Alat Webmaster Bing) juga menawarkan alat gratis untuk webmaster.
Bagi pengguna lanjutan, informasi yang disediakan oleh paket analisis, digabungkan dengan data dari file log server Anda, dapat memberikan informasi yang jauh lebih komprehensif tentang cara pengguna berinteraksi dengan dokumen Anda (misalnya kata kunci tambahan yang mungkin digunakan penelusur untuk menemukan situs Anda).
Terakhir, Google menawarkan alat lain yang disebut Google Pengoptimal Situs Web yang memungkinkan Anda bereksperimen guna menemukan perubahan apa di dalam laman yang menghasilkan tingkat konversi terbaik dengan pengunjung. Hal ini, dikombinasikan dengan Google Analytics dan Alat Webmaster Google (lihat video kami tentang menggunakan "Google Trifecta"), merupakan cara hebat untuk mulai meningkatkan situs Anda.
30
Meningkatkan Struktur Situs
Mengoptimalkan Konten
Menangani Perayap
SEO untuk Telepon Seluler
Dasar-dasar SEO
Promosi dan Analisis Google Trifecta
http://www.youtube.com/watch?v=9yKjrdcC8wA
Tautan
http://www.google.com/support/forum/p/webmasters/
Ada pertanyaan atau masukan tentang panduan kami? Beri tahu kami.
Forum Bantuan Webmaster Google
http://googlewebmastercentral.blogspot.com/
Pos rutin oleh Karyawan Google tentang cara meningkatkan situs web Anda.
Blog Pusat Webmaster Google
http://www.google.com/support/webmasters/
Dilengkapi dengan dokumentasi mendalam tentang masalah yang terkait dengan webmaster.
Pusat Bantuan Webmaster Google
https://www.google.com/webmasters/tools/
Optimalkan bagaimana Google berinteraksi dengan situs web Anda.
Alat Webmaster Google
http://www.google.com/webmasters/guidelines.html
Pedoman desain, konten, teknis, dan kualitas dari Google.
Pedoman Webmaster Google
http://www.google.com/analytics/
Temukan asal pengunjung, apa yang mereka lihat, dan bandingkan perubahannya terhadap tolok ukur.
Google Analytics
http://www.google.com/websiteoptimizer/
Lakukan eksperimen pada laman untuk melihat apa yang akan bekerja dan apa yang tidak.
Google Pengoptimal Situs Web
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=35291
Jika tidak ingin melakukannya sendiri, kiat ini akan membantu Anda memilih perusahaan SEO.
Kiat untuk Memilih SEO
Manfaatkan alat dan informasi berguna berikut sebaik-baiknya!
Kecuali jika disebutkan sebaliknya, penggunaan konten dokumen ini diizinkan menurut Lisensi Atribusi Creative Commons 3.0.
Brosur ini juga tersedia dalam format PDF. Anda dapat mengunduh versi PDF di ...
http://www.google.co.jp/intl/id/webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide.pdf
31
©Hak cipta 2010 Google merupakan merek dagang Google Inc.
Semua nama produk dan perusahaan lainnya mungkin adalah merek
dagang dari masing-masing perusahaan yang terkait.
http://www.google.com/webmasters/
Buka alat dan sumber
daya SEO Google.
Pusat Webmaster Google Telusuri
Langganan:
Postingan (Atom)